Mengatasi Fatal error: Call to undefined function socket_create() Saat Menggunakan WhatsappAPI

Computer-Quotes--Syntax-ErrorHai, shockacoller! Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai penyelesaian error Call to undefined function socket_create() sewaktu mencoba menggunakan WhatsappAPI yang diperoleh di github. Tutorial whatsappAPI bisa shockakoler temukan banyak sekali di internet. Saya gunakan whatsappAPI ini untuk keperluan notifikasi sistem Aquaus yang saya kerjakana di Tugas Akhir atau skripsi. Nah, alhasil setelah copas script sana-sisni, ketika hendak di execute, eng ing eng! Muncullah error tersebut. Setelah googling sana-sini, muncul sedikit pencerahan yaitu dengan mengaktifkan line extension=php_sockets.dll pada file php.ini.

aktifkan line berikut dengan menghilangkan tanda ;
;extension=php_sockets.dll 
sehingga menjadi 
extension=php_sockets.dll

Oke, kemudian saya save dan execute ulang. Tapi, tapi, tapi, masih saja error. Akhirnya saya kembali googling. Ternyata pencerahan berikutnya adalah dengan menambahkan line

extension=sockets.so

pada script php.ini kita. Kemudian restart apachenya. Nah, setelah saya coba, work! Berhasil! Akhirnya saya bisa melanjutkan uji coba whatsappAPI tersebut. Semoga cara ini juga work di problem kalian ya, shockacoller!

Leave a comment